Laman

27/06/12

Skema Rangkaian Driver Relay Menggunkan Transistor

Transistor bipolar adalah komponen yang bekerja berdasarkan ada atau tidak adanya aliran di kaki memicu pangkalan. Dalam aplikasi Pengendali relay, transistor bekerja sebagai saklar yang pada saat itu tidak menerima pemicu saat ini, maka transistor akan berada dalam posisi off-potong dan tidak melakukan saat ini, Ic = 0. Dan ketika basis menerima aliran pemicu, maka transistor akan berubah menjadi keadaan saturasi dan memberikan saat ini. Berikut ini adalah sirkuit praktis dari driver relay yang handal untuk digunakan dalam proyek mikrokontroler.

ndolem

Sirkuit di sebelah kiri adalah kolektor umum atau pengikut emitor dan memiliki keuntungan satu bagian kurang sejak resistor tidak diperlukan secara seri dengan basis transistor. Namun tegangan di kumparan relay akan ada dua dioda tetes kurang dari tegangan suplai, atau sekitar 11 volt untuk input 12,5 volt.

Konfigurasi emitor umum di sebelah kanan menawarkan keuntungan dari tegangan suplai penuh di beban untuk sebagian besar waktu tunda, yang membuat relay tarik-in dan drop-out tegangan kurang perhatian tetapi membutuhkan tambahan resistor secara seri dengan transistor dasar. Emitor umum (sirkuit di sebelah kanan) adalah sirkuit yang lebih baik karena resistor basis seri bisa dipilih untuk mendapatkan waktu tunda yang diinginkan sedangkan kapasitor harus dipilih untuk kolektor umum (atau resistor tambahan yang digunakan secara paralel dengan kapasitor).

Waktu tunda untuk emitor umum akan konstanta waktu sekitar 3 atau 3 * R * C. Kapasitor / resistor nilai dapat bekerja keluar dari arus kumparan relay dan transistor keuntungan. Misalnya 120 ohm kumparan relay akan menarik 100 mA pada 12 volt dan penulis menganggap keuntungan transistor 30, arus basis akan 100/30 = 3 mA. Tegangan pada resistor akan menjadi tegangan suplai dikurangi tetes dioda dua atau 12-1,4 = 10,6. Nilai resistor akan menjadi tegangan / arus = 10.6/0.003 = 3533 atau sekitar 3.6K. Nilai kapasitor untuk penundaan 15 detik akan 15/3R = 1327 UF. Kita bisa menggunakan kapasitor 1000 UF standar dan meningkatkan resistor secara proporsional untuk mendapatkan 15 detik.


info:http://elektroarea.blogspot.com





Mungkin anda baca juga