Laman

26/06/12

Lampu otomatis on/off siang malam menggunakan photocell (LDR)

Ini adalah sirkuit fotosel untuk mendeteksi intensitas cahaya. Pada cahaya penuh perlawanan dari fotosel akan sedikit sepuluh ohm dan pada kegelapan itu akan meningkat menjadi beberapa ratus ohm. IC1 Op amp uA741 adalah kabel sebagai pembanding sini. Pada kegelapan resistensi meningkat fotosel dan sehingga tegangan pada masukan inverting dari IC1 akan kurang dari tegangan referensi pada masukan inverting non. Output dari IC1 pergi ke saturasi positif dan switch ON transistor untuk mengaktifkan relay. Dengan cara ini lampu terhubung melalui bersinar kontak relay. D1 dioda bekerja sebagai dioda freewheeling.

ndolem

Lampu otomatis on/off siang malam menggunakan photocell (LDR)


Sebuah sensor cahaya (photodetektor) yang bervariasi perlawanan antara dua terminal berdasarkan jumlah foton (cahaya) yang diterimanya. Digunakan untuk meter cahaya fotografi, otomatis pada senja-di-lampu jalan dan lainnya yang sensitif terhadap cahaya aplikasi, juga disebut "resistor bergantung cahaya" (LDR) dan "photoresistor."

Bahan semikonduktor fotosel yang biasanya kadmium sulfida (CdS), tetapi unsur-unsur lain juga digunakan. Photocells dan foto dioda digunakan untuk aplikasi yang serupa, namun fotosel melewati saat bi-terarah, sedangkan dioda searah.

ndolem
gambar photosell

Photocells ada dalam berbagai paket seperti ini dari berbagai PerkinElmer. Sebagai fotosel menerima foton lebih, resistensi diturunkan antara dua terminal.



info:http://elektroarea.blogspot.com

Mungkin anda baca juga