Laman

11/07/12

Membuat Rangkaian Lampu LED 220 Volt

Dengan tingginya biaya biaya PLN listrik saat ini apalagi sering padam dan kita juga sering menggunakan emergency lampu, Mungkin terpikir oleh kita untuk membuat atau membeli lampu penenerangan mengunakan daya listrik 220 volt untuk Hemat energi listrik dengan lampu LED . Untuk menekan biaya pengeluaran tiap bulan yang semakin membegkak saja... :). Solusinya adalah membuat kapasitor bank Solusi lainnya adalah menggunakan lampu 220 Volt dengan menggunakan lampu LED (light emitting dioda)
Sebuah LED adalah sejenis dioda semikonduktor istimewa. Seperti sebuah dioda normal, LED terdiri dari sebuah chip bahan semikonduktor yang diisi penuh, atau di-dop, dengan ketidakmurnian untuk menciptakan sebuah struktur yang disebut p-n junction. Pembawa-muatan - elektron dan lubang mengalir ke junction dari elektroda dengan voltase berbeda. Ketika elektron bertemu dengan lubang, dia jatuh ke tingkat energi yang lebih rendah, dan melepas energi dalam bentuk photon.
Untuk membuat rangkaian lampu LED yang dapat digunakan untuk suber listrik PLN 220 Volt dapat anda lihat pada gambar berikut. Setiap rangkaian dapat menggunakan minimal 30 buah lampu LED.


Pasang led pada selembar PCB berlubang untuk memepermudah pemasangan serta jangan lupa buatkan reflektor dari bahan yang mengkilat. Reflektor ini dapat berfungsi sebagai penguat ataupun pengarah cahaya LED sesuai dengan yang kita inginkan.
selamat bereksperimen semoga bermanfaat....

Mungkin anda baca juga

10 komentar:

  1. bisa bertahan brpa jam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rangkaian ini tidak pakei batrei sob langsung dari listrik 220,

      Hapus
  2. capasitor 0.22 uF 400 volt susah didapatkan tuh....
    jarang yang punya stock...

    BalasHapus
  3. iya sob memang agak susah nyari, mending pakei trafo 0,5 ampere aja sob diambil tegangan yg 12volt, rangkaian led nya 3 led diseri kasih resistor 120ohm, trims

    BalasHapus
  4. Resistor yang dipakai 1k ga kuat sob. Rangkaian saya terbakar. Berapa resistor yang dipakai?

    BalasHapus
  5. gue udah coba rangkaian di atas, resistor terbakar. gue coba ganti capasitor dengan 1uf/400v di gabung dengan resistor 220k, 4 diode (rangkai seperti charge accu), ditambah 1 capasitor 100uf/25v (lihat skema charger accu). + capasitor ke + led, - capasitor ke - led. gue pake 30 led, terang!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa diberitahu rangkaian/schemanya (linknya)

      terima kasih

      Hapus
  6. rangkaian diatas langsung arus ac tidak stabil umurnya tidak lama coba ditambah rangkaian jembatan dioda n zener untuk menurunkan tegangan, sya rasa umur led lebih lama

    BalasHapus