Laman

02/07/12

Sekilas tentang Listrik Teknologi Tenaga surya (tenaga matahari)


Dalam penggunaan solar cell untuk membangkitkan listrik di rumah, ada beberapa hal yang perlu kita pertimbangkan karena karakteristik dari solar panel:
Solar Panel memerlukan tenaga surya. Tempatkan Solar panel/ solar cell pada posisi di mana tidak terhalangi oleh objek sepanjang pagi sampai sore.
Solar cell menghasilkan listrik arus searah DC.

Untuk efisiensi yang lebih tinggi, gunakan lampu DC seperti lampu LED.
Instalasi kabel baru khusus untuk arus searah DC untuk perangkat berikut ini misalnya: lampu penerangan berbasis LED (Light Emiting Diode), kamera CCTV, wifi (wireless fideliity), dll.
Mempunyai listrik tenaga surya di rumah bisa dengan solar cell, panel sel surya ini akan mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Yang selanjutnya listrik tersebut akan disimpan di aki untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah.

Kalau kita membuat rumah baru, disarankan untuk menggunakan PLN dan Solar panel/ solar cell. Solar Panel digunakan untuk sebagian penerangan (dalam hal ini menggunakan arus searah DC) dan PLN untuk perangkat arus bolak balik AC seperti: Air Conditioning, Lemari Es, sebagian penerangan dll.

Bila listrik DC yang tersimpan dalam aki ingin digunakan menyalakan perangkat AC: pompa air, kulkas, dsbnya maka diperlukan inverter yang dapat mengubah listrik DC menjadi AC. Sesuaikan kebutuhan daya yang dibutuhkan dengan solar panel , inverter, aki.
Apakah kita siap dengan teknologi tenaga surya




Mungkin anda baca juga